Header Ads

Vultr $100

Scam Ongkos Kirim Di Marketplace Tokopedia dan Bukalapak

Nggak sedikit dari sebagian kita yang sudah sangat fasih menggunakan marketplace sebagai tempat mencari barang dan produk yang bagus, kwalitas wahid dan mendapatkan harga grosir walaupun beli eceran alias ketengan. Dengan kekuatan marketplace sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli pada akhirnya hal ini memaksa para penjual untuk banting harga tetapi dengan tetap menjaga kwalitas produk.

Kekuatan marketplace salah-satunya adalah munculnya produk mereka pada halaman pencarian, atau pada relevansi/kesamaan/kemiripan produk yang dicari calon pembeli. bahkan cookies history pencarian pada Google, Yahoo dan Bing-pun bisa menjadi suggest produk yang sedang di cari oleh calon pembeli.

Maka mulai dari sinilah para penjual berlomba-lomba agar bagaimana caranya produk yang mereka jual bisa berada pada halaman pencarian, halaman kesamaan/kemiripan produk, bagi penjual yang jujur dan baik mereka lebih memilih untuk menjadi premium seller dengan membeli hak iklan/lisensi pada marketplace yang bersangkutan seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dsb.

Tentunya dari sisi pembeli akan mencari harga yang paling rendah/murah dengan melakukan pemilihan harga terendah dari produk yang sedang mereka cari.

Beberapa penjual yang nakal atau bahkan culas, maka mereka akan melakukan beberapa trik dengan menurunkan harga yang paling rendah bahkan dibawah harga normal grosir. Untuk menutupi laba yang timpang maka penjual nakal akan melakukan trik culas dengan menaikkan ongkos kirim, caranya adalah dengan memberi label berat diatas berat produk secara normal.

Dalam kasus ini, saya akan membeli produk powerbank, yang dibeberapa lapak dijual dengan berat produk 300 gram, sementara pada penjual yang curang akan menaikkan berat produk hingga 1.6 kg, bayangkan secara logis saja sebuah powerbank dengan berat 1.6 kg. Padahal ketika dikirim-pun paketnya hanya standard, tidak menggunakan pengaman box kayu ataupun plastik bubble wrap.

Silahkan bandingkan beberapa harga pada kedua produk yang sama dengan lapak yang berbeda dan perhatikan ongkos kirimnya.



Berhati-hatilah dalam berbelanja, Jangan mudah terprovokasi oleh harga yang murah saja, tapi perhatikan juga berat barangnya. Terutama untuk produk elektronik, tanyakan dahulu ke si penjualnya untuk memastikan packing menggunakan apa. Jika packing bukan dengan kayu dan berat barang tidak rasional, mending cari di penjual lain.

Dalam kasus ini, saya sempat komplain ke admin Bukalapak, dan ternyata hal tersebut BUKAN menjadi tanggungjawab Bukalapak, paling tidak untuk mengingatkan pada penjual yang curang.

Happy shopping dan tetep berhati-hati.