Header Ads

HACKING INDIHOME: MENAMBAH STB USEETV BEBAS BIAYA TANPA TAMBAHAN BERLANGGANAN BULANAN

Pada dasarnya bugs Cracking IndiHome: Menambah STB UseeTV bebas biaya tanpa berlangganan bulanan ini saya sudah ketahui sejak lama tetapi tidak saya buka secara public dan saya pribadi pun sebelum ini juga tidak menggunakannya, karena selain perangkat televisi dirumah hanya ada satu buah saja, dikarenakan kami bukanlah tipikal keluarga yang addicted atau tergila-gila dengan televisi/acara televisi. Give your family a worthy time guys.


Akan tetapi karena kecurangan yang dilakukan telemarketing IndiHome baru-baru ini kepada saya, dalam hal ini UseeTV yang dengan secara kurangajar mengaktifkan Add On (subscribe) pada beberapa channel tertentu TANPA ijin kepada saya, maka dengan senang hati saya membuka trik dari bugs ini secara terbuka untuk konsumsi publik, paling tidak Telkom dalam hal ini Indihome merasakan bagaimana dikurangajarin secara sepihak.

Bagaimana kurangajarnya telemarketing Indihome kepada saya? Dan bagaimana saya bisa tahu bahwa telemarketing Telkom melakukan kecurangan ini?
Okay, kita tahu, bahwa untuk menambah Add On (subscribe) pada channel UseeTV harus memasukkan password dan konfirmasi OTP yang akan dikirim melalui SMS ke nomor HandPhone pemilik sesuai dengan nomor handPhone yang kita daftarkan pada akun MyIndiome, nah ditambah HandPhone saya menggunakan dual password untuk mengaktifkannya, yaitu tapping dan scan sidik jari.

Maka asumsinya adalah JIKA hal ini dilakukan oleh pelanggan. Apalagi JIKA Anda mengaktifkan Parental Control pada STB maka hal ini tidak mungkin dari sisi pelanggan secara tidak sengaja, hanya Superuser yang bisa melakukan skipping (melewati) tahapan tanpa konfirmasi OTP tanpa konfirmasi Parental Control dimana kegiatan ini disebut dengan skimming.

Dan saya mengetahui hal ini ketika akan membayar tagihan Indihome dan saya menemui tagihan yg membesar tidak seperti bulan-bulan sebelumnya padahal isolir (keterlambatan) sudah dibayar, justru tagihan malah lebih besar dibanding ketika masa isolir sebelumnya dikarenakan isolir akan mengenakan denda sebesar 5% dari total tagihan.

*Note:
  • Bugs ini pernah saya laporkan ke pihak Telkom pada 5 February 2019, tapi ditanggapi out of topic oleh Customer Service @TelkomCare malah saya disuruh restart modem LOL.



  • Komplain saya atas kecurangan dan kekurangajaran telemarketing Indihome PUN ditanggapi kurang memuaskan, bahwa saya meminta unsubscribe hanya diberikan tiket pengaduan dan tidak segera di matikan.


  • Bahwa beban biaya atas penambahan Add On channel yang tidak saya inginkan tetapi atas kecurangan dan kelicikan telemarketing Indihome tetap ditanggungkan kepada saya.

Yang wajib diketahui pertama-kali sebelum kita setup adalah, yakinkan paket Telkom Indihome sampeyan HARUS bundling dengan TV cable (USeeTV).
Jadi kalau langganan internet Indihome sampeyan 2P1 (Dual Play) antara internet dan telepon saja maka bugs ini TIDAK BISA digunakan.

Bugs ini bisa digunakan pada paket apa saja?
  • Paket 3P (Triple Play) Internet + Telephone + UseeTV
  • Paket 2P2 (Dual Play) Internet + UseeTV
  • Paket 3P Gamers (Triple Play Gamers) Internet + Telephone + UseeTV
  • Paket 2P2 Gamers (Dual Play Gamers) Internet + UseeTV

Secara default, untuk menambah fitur STB (Set Top Box) UseeTV IndiHome pelanggan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 80,000 per STB per bulan. Mahal yak?! Misal dalam satu rumah Anda ada 4 kamar saja dan masing-masing kamar ingin dipasang TV USeeTV, jadi paling tidak akan keluar biaya tambahan Rp. 80,000 x 4 per bulan.

Sampeyan punya kos-kosan? nah fitur ini sangat bermanfaat buat menambah betah anak kos buat tinggal dan ngontrak di kosan sampeyan. Tiap kamar akan memiliki fitur TV cable dan channel bisa di kontrol oleh mereka sendiri. Mangtabs bener.

Apa aja yang dibutuhkan?!
  1. Wajib: STB (Set Top Box) Indihome untuk tambahan secukupnya tergantung kebutuhan sampeyan mau menambah berapa STB lagi? satu? dua? lima? sepuluh? BISA!
    Dimana beli STB Indihome? Tokopedia, Bukalapak, OLX, Kaskus banyak, ada yang bekas malah ada banyak yang masih baru, plastikan. Diutamakan STB Indihome yang sampeyan beli BUKAN versi rooting atau sudah dioprek, lebih worthied JIKA memang bekas dari pelanggan yang sudah tidak dipakai lagi kemudian dijual.
  2. Optional: Wifi Repeater dan atau modem bekas yang support untuk repeater.
    Jika menggunakan repeater, usahakan antara repeater terkoneksi kabel RJ45 ke modem utama. Dikarenakan jika menggunakan WIFI bridging akan mengurangi performa wifi bahkan suka lag atau lemot.

Sebagaimana kita ketahui, semua setting modem internet Indihome yang memiliki paket TV cable (UseeTV) menggunakan LAN 4 pada modem dengan setting default Router (bukan bridge/bridging) penghubung antara modem dan STB (Set Top Box) TV cable.

Login pada modem melalui browser, gunakan SUPERUSER login dan password BUKAN user admin dan password local.
User: Support
Password: theworldinyourhand

atau:

User: telecomadmin
Password: admintelecom

Kemudian kita masuk pada bagian LAN (Local Area Network)

LAN » LAN Port Work Mode
tambahkan centang pada setting Port LAN 4



Kemudian simpan (APPLY)

LAN 4 --> AP IP Statis --- (wifi) ---> STB IP statis (Static)

Lalu kita beralih ke setup perangkat STB-nya,
Diawali pada konfigurasi IP pada STB utama dahulu (bukan STB tambahan).

Konfigurasi IP samakan dengan ketika setting pake LAN

Pada STB setting IP adalah manual statis (Static), bukan DHCP (DHCP mengenerated IP dinamis mengikuti kekosongan slot terdekat), bedakan digit terakhir (buntut/ekor) IP aja... Gateway dan DNS tetap sama.
Misalkan IP STB utama: 192.168.100.102
maka STB selanjutnya (lainnya) adalah 192.168.100.103

*Saya sengaja menggunakan IP dengan ekor yang besar guna menghindari konflik JIKA ada device lain seperti handphone, laptop dll yg masuk ke Wifi dikarenakan auto connect modem secara default menerapkan konsep DHCP (Static IP). Selain itu untuk juga untuk mempermudah management IP.

Jadi dari modem ke AP menggunakan mode Bridge

LAN 4 - AP ---- Repeater - STB
Jika sampeyan menggunakan Wifi repeater untuk penguat sinyal, terutama untuk kos-kosan, koneksikan Wifi repeater (modem router repeater) pada LAN 3 modem. Settingan repeater tidak mengalami perubahan apapun hanya diperlukan utk mengkoneksikan antara STB ke AP menggunakan Wifi.

Seperti yang saya bilang diatas, bahwa koneksi untuk tambahan STB ini TIDAK menggunakan jaringan LAN 4 seperti standard setting IndiHome, tapi menggunakan Wifi untuk STB-STB tambahan selain STB utama yang sudah terkoneksi pada LAN 4 sebelumnya.

Post a Comment

12 Comments

Ecep said…
Apakah ada tutorial via video nya pak?
Terima kasih.
Dave said…
maaf, untuk tutorial menggunakan video belum sempat saya buat pak
Unknown said…
dengan stb root apakah bisa? sampai dengan saat ini...?
Dave said…
utk STB prefer yang masih bawaan Indihome, karena settingan IPTV-nya ada di OS Telkom. Saya belum pernah gunakan STB yang udah rooting
omori said…
bagaimana utk bs tau login default pada modem zte f609? username dan password diisi apa?
Dave said…
login default bawaan pabrik maksudnya? utk sekarang modem zte f609 Indihome beberapa kali telkom mengubah password modem ZTE F609 secara massal tanpa pemberitahuan. dan telkom Indihome secara teratur mengganti password ZTE F609.

Password yang bisa digunakan saat ini belum tentu bisa digunakan besok. Untuk solusi permanen belum ada, solusi paling memungkinkan mengganti URL TR-069 (protokol untuk remote akses), tapi bila nanti ada masalah di Internet anda telkom ngga bisa melakukan perbaikan jarak jauh, harus dilakukan ditempat.
video klip said…
Sya ada stb indihome bekas min, dulu thn 2017 pasang paket 3p blm smpe setaun udh sring masalah wifi sya, terakhir ada mslah sya komplain smpe 3x,tlpn ke pusat, dtg ke kantornya respon gk memuaskan. Jd trakhir putus langganan perangkat msh lengkap drmh.
Ini sya pke ntuk toko 2p min. Bsa kah tu stb yg kmren di pke? Stb kluaran terbaru thn 2017
Dave said…
2P-nya pakai UseeTV kan? kalo paket 2P yang tidak menggunakan tambahan UseeTV tetap tidak bisa.
Ferro said…
Boleh minta no. Wa gak? Saya klo baca penjelasan di atas rada pusing. Hehhee. Banyak yg mau di tanya.
Rara aja said…
Pak sebelumnya sy pakai paket 3play karena biaya yg membengkak dan hanya 1 org yg kerja jadi sekarang hanya inet saja. Nah bisa apakah bisa pak jika saya beli stb di luar dgn paket inet saja?
Dave said…
selama paketnya masih menyertakan paket UseeTV maka masih bisa menambah STB diluar bawaan Telkom, asal STB-nya jangan di unlock ya atau installer lain selain installer bawaan Telkom. Jadi lebih baik memang membeli bekas yg masih bawaan Telkom
Unknown said…
Apakah ada setting lain di modem huawei itu selain memberi centang pd Lan 4 ?makasih gan.