Header Ads

Vultr $100

Install WordPress Multisite 3.0

WordPress MU (WPMU) sekarang dikenal sebagai WordPress Multisite di versi 3.0. Fitur ini tidak diaktifkan secara default, kamu harus mengaktifkannya secara manual. Fungsi Multiuser, memungkinkan kamu membuat jaringan situs (network sites).


Kamu dapat menjalankan dan host berbagai blog dengan instalasi yang sama dari WordPress. Kamu harus memiliki server akses file web untuk mengaktifkannya. Instruksi untuk mengaktifkan Multisite mudah untuk mengikuti dan kamu bisa meng-instal dan aktif hanya membutuhkan waktu 10 menit saja.



Mulai mengaktifkan fitur multi-situs dari WordPress 3.0 dengan menambahkan baris kode ini ke wp-config.php file:

/** Enable or disable Wordpress Multi-site features **/ define('WP_ALLOW_MULTISITE', true);

Refresh Dashboard-mu dan masuk di "Tools => Network". Anda akan melihat sebuah layar yang terlihat mirip dengan yang ada di gambar di bawah ini:

Jika kamu ingin menginstal tambahan blog-mu pada virtual sub-domain bukan sub-direktori kamu akan perlu untuk membuat catatan DNS wildcard pada server kamu untuk mengaktifkan sub-domain (blog1.yourdomain.com, blog2.yourdomain.com, blog3 yourdomain.com). fungsionalitas dari WordPress 3.0.

Server kamu harus mendukung catatan wildcard DNS bagi kamu untuk melakukan hal ini. Sebagai contoh saya akan menjelaskan cara mengkonfigurasi dengan Hostgator. Ini sangat mudah dilakukan dan memungkinkan dengan Baby Plan Hostgator yang bisa kamu dicoba dgn harga hanya $0.01. Ketika kamu berada di Control Panel, ikuti petunjuk untuk membuat catatan DNS wildcard untuk domain.

  • Pilih "sub-domain" di bawah "Domain" di CPanel
  • Masukkan "*" tanda bintang di form nama sub-domain
  • Pilih TLD DNS wildcard yang akan dibuat nantinya
  • Masukkan alamat lokasi server untuk folder wildcard, misalnya /public_html/bigbuz
  • Klik "Buat"
  • Kembali ke panel admin WordPress kamu, kamu perlu menginstal dan mengaktifkan WordPress 3.0 Network Settings.

Temukan halaman Pengaturan jaringan di panel admin WordPress kamu (Tools => Network)
Pilih apakah kamu ingin menggunakan sub-domain atau sub-folder untuk blog tambahan
Ketik nama untuk jaringan situs kamu
Set alamat email admin kamu
Klik "Install"

Setelah satu atau dua menit kamu akan disajikan dengan layar konfigurasi. Back up htaccess kamu. Dan wp-config.php file sebelum kamu melanjutkan untuk mengikuti instruksi yang diberikan di layar konfigurasi.

Sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah non-pengunjung situs dari yang disambut oleh 404 pesan kesalahan, mengarahkan mereka ke URL pilihan kamu dengan menambahkan kode di bawah ke bagian bawah wp-config.php file kamu:

/* Send visitors to non-existent blogs here */ define( 'NOBLOGREDIRECT', 'http://yourdomain.com/' );
Ganti http://yourdomain.com ke URL milikmu.

Log out kemudian masuk kembali masuk Kmau sekarang perlu untuk mengatur kembali, mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan baru yang disediakan oleh WordPress multi.