Header Ads

Vultr $100

CARA MEMPERBAIKI SPECIFY A VARY: ACCEPT-ENCODING HEADER

Seringkali kita melihat peringatan "Specify a Vary: Accept-Encoding Header" di Pingdom, GTmetrix, atau Google PageSpeed Insights pada website WordPress sampeyan? Ini adalah header HTTP yang harus disertakan pada setiap respons server, karena ini memberitahukan pada browser apakah server website sampeyan dapat menangani versi konten yang dikompres atau tidak.

Sebagai contoh, katakanlah sampeyan menggunakan browser versi lama tanpa gzip compression dan browser versi terbaru dengan fitur gzip compression. Jika sampeyan tidak menggunakan header Vary: Accept-Encoding, server web atau CDN sampeyan bisa men-cache versi yang tidak dikompres dan mengirimkannya ke browser terbaru secara tidak sengaja, yang pada gilirannya akan merusak kinerja situs sampeyan. Sedangkan dengan menggunakan header Variary Accept-Encoding, sampeyan dapat memastikan bahwa server web dan CDN sampeyan mengirimkan versi yang sesuai.

Tergantung pada alat atau perangkat lunak yang melaporkannya, peringatan tersebut mungkin muncul akan berbeda, antara lain:
  1. “Specify a Vary: Accept-Encoding Header”
  2. The following publicly cacheable, compressible resources should have a “vary: accept-encoding” header


Langkah-langkah di bawah ini tentang cara memperbaiki peringatan "Specify a Vary: Accept-Encoding Header".

Cara memperbaiki "Specify a Vary: Accept-Encoding Header"


Hal pertama yang penting untuk diperhatikan tentang peringatan ini adalah sampeyan hanya dapat memperbaikinya untuk permintaan yang ada di server sampeyan. Jika sampeyan sebagai pihak ke-3 dan sampeyan akan melihat hal ini, tidak ada yang dapat sampeyan lakukan karena sampeyan tidak memiliki kendali atas server web mereka.

Header ini berlaku baik untuk aset WordPress dan permintaan server sampeyan. Untuk aset sammpeyan, jika sampeyan menggunakan CDN, banyak yang sudah menerapkan Vary: Accept-Encoding by default. KeyCDN, Cloudflare, and CloudFront semua sudah memanfaatkan hal ini. Banyak caching plugin WordPress juga sudah menambahkan ini.

Jika dirasa sampeyan masih perlu untuk memperbaiki hal ini, sampeyan akan perlu untuk menambahkan beberapa script untuk server sampeyan.

Memperbaiki "Specify a Vary: Accept-Encoding Header" di Apache


Untuk memperbaiki di Apache, tambahkan script berikut pada file .htaccess root melalui FTP.
<ifmodule mod_headers.c>
<filesmatch ".(js|css|xml|gz|html)$">
Header append Vary: Accept-Encoding
</FilesMatch>
</IfModule>

Memperbaiki "Specify a Vary: Accept-Encoding Header" pada NGINX

Untuk memperbaiki ini di NGINX, tambahkan script berikut ke file konfigurasi sampeyan. Semua konfigurasi file NGINX terletak pada /etc/nginx/directory. File konfigurasi utama adalah /etc/nginx/nginx.conf.
gzip_vary on

Menggunakan Vary: Accept-Encoding header bahkan dapat membantu mempercepat load balance situs WordPress sampeyan karena ini akan memastikan sampeyan menggunakan gzip compression. Dan jika semuanya berjalan dengan baik, dan sampeyan tidak memiliki permintaan pihak ke-3 yang tidak dengan benar menggunakan header, sampeyan harusnya sudah mendapatkan Skor website yang lebih baik pada uji tool seperti Pingdom (seperti terlihat di bawah ini).