Header Ads

Vultr $100

Migrasi WordPress Multisite Ke Instalasi Tunggal

Apakah Anda mencoba untuk membagi jaringan WordPress multisite yang Anda miliki menjadi situs WordPress tunggal dan menjadi domain sendiri². Pada waktu menjalankan jaringan Wordpress multisite memiliki keunggulan tersendiri, kadang-kadang satu situs dapat mengatasi jaringan dan membutuhkan ruang sendiri.


Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk memindahkan website dari WordPress multisite menjadi instalasi Wordpress tunggal.

Penting: Karena Anda akan melakukan beberapa serius perubahan ke situs Anda, hal ini diperlukan untuk membuat cadangan (backup) WordPress penuh sebelum Anda melakukan apa pun.

Langkah 1: Mengekspor satu situs pada jaringan WordPress Multisite.

Impor/ekspor pada built-in WordPress Multisite berfungsi sama seperti pada instalasi tunggal/single installation. Kita akan menggunakan alat-alat standar untuk mengekspor data dari sebuah situs pada jaringan WordPress multisite.

Pertama Anda perlu untuk login ke dashboard situs tunggal yang Anda inginkan untuk dipindah, dan kemudian klik pada Tools » Export. Selanjutnya, Anda ingin memastikan bahwa semua konten dicentang dan klik pada tombol Download Export File.

WordPress sekarang akan menciptakan sebuah file XML yang berisi semua data Anda dan mengirimkannya ke browser Anda untuk di-download. Simpan file di komputer Anda karena Anda akan memerlukannya dalam langkah-langkah berikutnya.

Langkah 2: Menginstal WordPress

Sekarang Anda telah diekspor file, Anda akan perlu untuk mengatur instalasi yang terpisah dari WordPress. Kemudian instal-lah sebuah instalasi baru dan setup-lah Wordpress seperti biasanya, Anda dapat melanjutkan untuk mengimpor child sites Anda.

*Saya anggap hal ini sudah Anda kuasai.

Langkah 3: Mengimpor child sites ke Domain baru

Login ke WordPress admin area pada lokasi baru yang mana Anda ingin memindahkan child sites Anda dan kemudian ke Tools » Import. Pada layar Import, WordPress akan menampilkan sejumlah opsi import.


Anda perlu untuk mengklik pada WordPress yang akan memunculkan popup untuk menginstal plugin WordPress importer. Cukup klik pada tombol Install Now untuk memulai pemasangan. Setelah itu, Anda perlu untuk mengklik Aktifkan Plugin & Run importir.

Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk meng-upload file ekspor WordPress Anda download sebelumnya dari WordPress multisite pada langkah 1 dari tutorial ini.


WordPress sekarang akan meminta Anda ingin mengimpor pengguna juga. Jika Anda melakukan apa-apa, maka WordPress akan mengimpor semua pengguna yang direkomendasikan jika Anda tidak ingin mengubah penulis.

Anda juga akan melihat opsi impor lampiran, dan Anda ingin untuk memastikan bahwa ia akan diperiksa sehingga WordPress dapat men-download gambar dari posting dan halaman (jangan khawatir jika melewatkan keluar beberapa atau kebanyakan dari gambar Anda. Anda dapat mengimpor mereka secara terpisah setelah itu).

WordPress sekarang akan mulai mengimpor konten Anda. Ini akan memakan waktu beberapa menit tergantung pada berapa banyak konten yang Anda miliki. Setelah selesai, Anda akan melihat pemberitahuan 'All done, Have fun'.

Itu saja. Anda telah berhasil mengimpor data dari situs anak dari jaringan install WordPress menjadi tunggal. Masih ada beberapa hal yang tersisa untuk dilakukan.

Langkah 4: Menyiapkan pengalihan

Jika Anda menggunakan domain kustom untuk setiap situs di jaringan multisite WordPress Anda, maka Anda tidak perlu men-setup pengalihan apapun.

Namun jika Anda menggunakan subdomain atau struktur direktori di WordPress multisite, maka Anda perlu untuk men-setup pengalihan, sehingga pengguna datang ke URL lama Anda diarahkan ke situs baru Anda.

Pastikan bahwa situs yang lama pada jaringan multisite dan situs pada domain baru kedua menggunakan struktur permalink yang sama.

Mengarahkan dari Subdomain ke Domain baru

Untuk menginstal subdomain, Anda perlu menggunakan kode dalam file .htaccess WordPress Multisite Anda sebelumnya.

Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^subdomain\.example\.com$ [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://www.example.net/$1 [L,R=301]

Kode ini mengarahkan pengunjung yang datang ke halaman manapun pada subdomain.example.com untuk http://www.example.net. Tanda $1 pada akhir URL tujuan memastikan bahwa landing page akan jatuh pada halaman yang sama yang mereka minta.

Mengarahkan dari direktori ke Domain baru

Untuk direktori berdasarkan multisite menginstal, Anda akan perlu paste kode berikut dalam file .htaccess WordPress multisite Anda sebelumnya.

Options +FollowSymLinks
RewriteEngine On
RewriteRule ^childsite/(.*)$ http://example.net/$1 [R=301,L]

Kode ini hanya pengalihan setiap pengunjung yang datang pada http://www.example.com/childsite/ untuk dialihkan menuju http://example.net. $1 memastikan bahwa pengunjung Anda akan mendarat di persis sama halaman atau posting yang mereka minta.

Jangan lupa untuk menggantikan childsite dan example.net dengan nama sub situs dan lokasi baru.

Anda juga dapat menggunakan Safe Redirect Manager plugin untuk men-setup pengalihan jika Anda tidak suka metode kode ini.

Langkah 5: Mengatasi masalah migrasi

Pindah situs bukanlah merupakan pekerjaan rutin, hanya terjadi jika Anda akan menemukan beberapa masalah pada hosting/server yang Anda gunakan dan tidak selesai. Tapi jangan khawatir, ada solusi untuk setiap masalah yang mungkin Anda temui.

Jika file WordPress yang Anda ekspor file terlalu besar, maka Anda dapat membagi file XML yang besar menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

Jika gambar Anda tidak diimpor dengan benar, maka Anda dapat mencoba mengimpor mereka sebagai gambar eksternal.

Itu semua, saya harap artikel ini membantu Anda menmigrasi satu situs dari jaringan WordPress multisite Anda menjadi instalasi WordPress tunggal.