Header Ads

Vultr $100

Konfigurasi Remote Access Pada MySQL

Panduan ini akan membantu Anda mengkonfigurasi server untuk mengizinkan koneksi remote ke database mySQL. Panduan ini ditujukan untuk server dengan webpanel Plesk Control Panel.

Jika Anda menggunakan sebuah VPS Managed Hosting, silakan login ke https://serverportal.com/ dan men-submit A la Carte'. Untuk menjaga keamanan, pastikan Anda memasukkan alamat yang hanya Anda beri akses.

  1. Login ke panel kontrol Plesk Anda dengan browsing ke https://:8443. Anda dapat log in menggunakan username 'admin' dan sandi yang diemail ke Anda ketika server Anda setup.
  2. Setelah log in, klik pada 'Domain' di sisi kiri panel kontrol.
  3. Pilih domain yang database-nya akan dikaitkan.
  4. Klik pada 'Database', yang terletak di bawah 'Services'
  5. Jika Anda belum membuat database, dengan klik pada 'Add New Database' untuk membuat sebuah database. Jika Anda sudah memiliki database yang tercantum atau jika Anda hanya membuat database baru, cukup klik pada database listed below.
  6. Sekarang Anda perlu klik pada 'Add New Database user', ini adalah account pengguna yang Anda akan masuk ke server mySQL. Anda akan perlu mengingat username dan password yang Anda tentukan disini.
  7. Sekarang bahwa pengguna telah ditambahkan, kita hanya perlu membuka mySQL port (3306) di firewall dan membatasi untuk membolehkan akses hanya untuk komputer rumah/kantor Anda. Untuk melakukannya, cukup klik pada 'Modules' di sebelah kiri Plesk Control Panel.
  8. Kemudian klik pada 'Firewall'.
  9. Anda sekara
  10. Pada label 'MySQL server' dan klik pada teks.

  11. Ini adalah dimana Anda bisa mengedit aturan untuk port 3306, default mySQL port. Pilih 'Allow from selected sources, deny from others'.

  12. Kotak teks akan muncul di bawah ini, masukkan alamat IP statis lokal dalam kotak ini dan kemudian klik 'Add'.

  13. Anda sekarang dapat mengakses database mySQL Anda secara remote.