Header Ads

Vultr $100

Integrasi Online Payment Gateway Pada Toko Online Lokal

Secara umum perkembangan toko online di Indonesia semakin tumbuh subur, dikarenakan tingginya permintaan, toko online juga mampu memangkas jarak dan waktu antara pembeli dan penjual. Tapi perkembangan tersebut serasa setengah hati. Kenapa saya bilang begitu? Secara sistem perkembangan programming web terutama berbasis e-commerce seperti toko online sudah sangat tinggi.

Beda dengan online commerce luaran, para pelanggan toko online di Indonesia menggunakan metoda transfer antar bank, entah itu BCA, Mandiri, BRI, BNI, dll dan memanfaatkan eBanking, ClickPay, e-Cash, ATM, bahkan manual trasfer atau bahkan menggunakan merchant pihak ketiga seperti Indomaret dan Alfamart :P ribet dan complicated yak? padahal kemampuan dan perkembangan web developer kita sudah sangat bagus.

Apa sih penyebabnya?
Dilihat dari sisi penjual, keribetan ini sangat menganggu karena penjual mau nggak mau harus melakukan manual follow-up pada notifikasi seperti email, SMS dll yang masuk ketika ada pembeli yang melakukan checkout cart. Hal ini menimbulkan kerepotan tersendiri dari sisi penjual.

Dari sisi pembeli, hal ini juga sangat merepotkan dari segi cara bayar, bahkan ada yang melakukan pembayaran secara manual dengan mendatangi bank yang bersangkutan dan melakukan transfer antar bank hanya untuk belanja online. Tapi tidak menjadi masalah bagi pembeli yang memiliki fitur dan bisa menggunakan mobile banking, e-Cash, ClickPay.

Suatu saat ketika memperhatikan TokoPedia.com, terbersit saya ingin sekali mengaplikasikan fitur Mandiri e-Cash dan Mandiri ClickPay pada web toko online istri saya. Karena dari kejadian demi kejadian pembeli checkout akan tetapi tidak segera melakukan pembayaran atau bahkan lupa -_-

Hari ini saya mendatangi Bank Mandiri Yogyakarta cabang Adisucipto karena memang sebelumnya ada beberapa kepentingan. Kebetulan saya juga mencoba menanyakan hal-hal seperti yang saya inginkan untuk toko online istri saya, yaitu mengintegrasikan metode pembayaran toko online dengan Mandiri e-Cash dan Mandiri ClickPay.

Ternyata jawabannya sangat dan amat singkat,
Bahwa fitur tersebut hanya tersedia bagi merchat-merchant besar salah satunya seperti TokoPedia.com. Dan BUKAN dari pihak merchant yang melakukan apply atas kebutuhan mereka pada payment gateway, akan tetapi pihak bank-lah (dalam hal ini Bank Mandiri) yang melakukan penawaran kerjasama untuk fitur payment gateway mereka seperti Mandiri e-Cash dan Mandiri ClickPay. Jadi saya pikir hal itu juga berlaku pada BCA ClickPay.

Apa boleh buat, pupus sudah harapan saya untuk bisa mengintegrasikan beberapa payment gateway pada toko online.