Header Ads

Vultr $100

Mengubah Folder Upload Media pada WordPress

Uploader Media baru di WordPress sejak versi rilis 3.5 mungkin adalah perubahan yang paling cukup signifikan. Lain yang penting tapi kurang berbicara tentang perubahan adalah hilangnya pilihan untuk mengubah jalur direktori upload dari pengaturan. Alasan untuk menghilangkan opsi ini dari UI adalah bahwa tidak seperti biasanya digunakan sebagai pilihan lainnya.

Yang perlu diingat hal ini juga memiliki potensi untuk menciptakan error. Tapi untuk target menyederhanakan UI yang terdapat pada setting media upload folder di dashboard pada pilihan organisasi folder tahun/bulan. Dalam posting ini saya akan menunjukkan bagaimana untuk mengubah default lokasi/folder media upload di WordPress.
*Catatan: Tutorial ini bukanlah untuk pemula. Gunakan hanya jika Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Untuk mengubah default meng-upload media lokasi, Anda perlu mengedit file wp-config.php yang terletak di direktori root/domain dari instalasi WordPress Anda. Jika Anda ingin meng-upload direktori sebagai wp-content/file maka Anda akan perlu untuk menempatkan kode berikut dalam wp-config.php

define( 'UPLOADS', 'wp-content/'.'files' );

Jika Anda ingin merubah direktori upload agar berada di luar wp-content, misal seperti http://www.example.com/files/ maka Anda perlu untuk menambahkan path upload pada file wp-config.php seperti ini:

define( 'UPLOADS', ''.'files' );
*catatan: sebelum dilakukan, maka anda harus membuat terlebih dahulu folder /files/ dan merubah pengaturan permission folder tersebut menjadi 775.

Ingat, Anda masih dapat memilih apakah Anda ingin upload file diatur juga dalam folder bulan/tahun pada Settings » Media.


Semoga artikel ini membantu. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini.