Header Ads

Vultr $100

Dia.. Bukan Update Panda! Google Mengkonfirmasi Pembaharuan Algoritma Inti Pada Pencarian

Google melakukan update sejak beberapa minggu yang lalu pada perubahan inti peringkat sebuah halaman, sesuatu yang sebernernya biasa Google lakukan sepanjang tahun dan setiap tahun. TAPI ini bukan Panda-, Penguin- atau terkait dengan HTTPS.

Google sendiri telah mengkonfirmasi bahwa hal ini adalah update ke algoritma pencarian inti dan tidak terkait dengan algoritma Panda dimana kita mengharapkan untuk sebuah pembaharuan dengan. Selain itu, Google mengatakan untuk update algoritma pencarian inti kedepannya, mereka masih bekerja untuk membuat kualitas pencarian yang lebih baik.

This is not a Panda update. As you know, we’re always making improvements to our search algorithms and the web is constantly evolving. We’re going to continue to work on improvements across the board.

Pernyataan serupa yang dilontarkan Google dengan kualitas Google Update, saya sendiri nggak kaget apa yang terjadi pada beberapa komunitas SEO yang ramai memperbincangkan apa yang disebut dengan de-index massal, perhatikan pada sekitar perubahan itu algoritma pencarian inti sejak 1 Mei 2015.

Bagian yang menarik adalah bahwa banyak alat-alat pelacakan otomatis seperti Mozcast menunjukkan lonjakan besar dalam hal perubahan yang terjadi dalam hasil pencarian Google. Awalnya saya berpikir bahwa mungkin algoritma HTTPS telah diperbarui dan menjadi acuan yang lebih berat.



Tapi Gary Illyes dari Google mengatakan di Twitter bahwa hal ini tidak terjadi. Saya menduga alasan begitu banyak alat menunjukkan lonjakan minggu ini terkait dengan nomor satu dari hasil pencarian Google, Wikipedia, mengubah semua URL untuk menggunakan HTTPS selama minggu² terakhir ini, yang akhirnya berubah begitu banyak 1-5 hasil pencarian Google.

Jadi dari apa yang kita ketahui, ini bukan Panda, bukan HTTPS dan juga bukan Penguin. Itu hanya Google melakukan pembaruan pencarian inti yang normal di mana Google tidak akan memberikan rincian tentang hal ini.