Header Ads

Vultr $100

Import Dan Export Custom Post Types Pada WordPress

Memindahkan sebuah website berbasis WordPress sangat mudah menggunakan backup plugin. Tetapi bagaimana jika Anda hanya ingin mengimport jenis kustom posting? Disini, saya akan menunjukkan kepada kamu bagaimana mengimpor dan mengekspor jenis kustom posting di WordPress.

Saya juga akan menunjukkan cara bagaimana untuk mengimpor apapun kustom taxonomy yang terkait dengan jenis posting Anda.

Ada dua langkah yang harus dilakukan dalam mengekspor dan mengimpor jenis kustom posting di WordPress. Langkah pertama melibatkan migrasi jenis kustom posting yang sebenarnya dan yang taxonomy. Langkah kedua adalah mengimpor data jenis posting.

Biasanya jenis posting kustom di WordPress berhubungan dengan taxonomy kustom itu sendiri. Saya akan menunjukkan bagaimana untuk ekspor/impor taxsonomy kustom Anda dengan jenis posting Anda.

Mengekspor Custom Post dan Taxonomy di WordPress
Beberapa developer lebih memilih untuk membuat posting kustom dan taxonomy mereka dengan menambahkan kode mereka pada file functions.php yang terdapat di template atau Site-Specific WordPress Plugin. Dalam hal ini, semua yang perlu Anda lakukan adalah salinan script dan menambahkan pada website mana yang ingin Anda import.
<?php
/*
Plugin Name: Site Plugin for example.com
Description: Site specific code changes for example.com
*/
/* Start Adding Functions Below this Line */


/* Stop Adding Functions Below this Line */
?>
Namun, dalam beberapa kasus Anda mungkin tidak dapat menemukan script tersebut. Jangan khawatir, Anda masih bisa melakukannya pada website yang baru.

Yang perlu Anda ketahui adalah post key value (nilai kunci posting). Ini adalah nama yang digunakan untuk jenis posting dalam database WordPress Anda. Anda dapat menemukan hanya dengan mengecek pada jenis posting di WordPress admin area Anda.


Setelah mendapatkan post key value, kunjungi website mana Anda ingin mengimpor jenis posting dan menggunakan Custom Post Type UI plugin untuk membuat posting kustom Anda.


Gunakan CPT UI plugin untuk membuat taxonomy agar sama.


Ulangi proses tersebut untuk semua jenis posting kustom dan taxonomy yang ingin Anda impor.

NOTE: Jika Anda menggunakan plugin CPT UI untuk membuat jenis posting Anda, maka Anda juga dapat menggunakannya untuk bermigrasi. Tapi ini hanya bekerja jika jenis kustom posting asli diciptakan dengan menggunakan plugin ini. Silahkan cek dulu pada import/export pada pengaturan plugin dan ikuti petunjuknya.

Custom Post & Taxonomy yang dibuat oleh plugin
Banyak plugin WordPress yang menggunakan jenis posting kustom dan taxonomy untuk menangani konten kustom. Sebagai contoh, Soliloquy slider, plugin eCommere dll.

Jika Anda ingin tetap menggunakan plugin tersebut, maka Anda tidak perlu mengimpor CPTs. cukup menginstal plugin pada situs target, dan Anda akan memiliki jenis posting kustom dan taxonomy siap di website baru Anda.

Banyak plugin seperti itu dengan fitur impor/ekspor mereka sendiri tetapi jika sebuah plugin tidak memiliki fitur tersebut Anda masih dapat mengekspor data.

Export/import Custom Post Type dan taxonomy Data di WordPress

WordPress memiliki fitur import/export yang cukup bagus yang memungkinkan Anda untuk melakukan export dan import data, bisa ditemukan di Tools » Export.


Anda akan menemukan semua jenis posting Anda yang terdapat di sana. Pilih jenis posting yang ingin Anda ekspor dan tekan tombol Download File ekspor.

WordPress akan mempersiapkan sebuah file XML export dan browser Anda akan mulai men-download. Sekarang beralih ke situs target yang mana yang ingin Anda impor datanya. Cek Tools » import. Anda akan melihat sejumlah pilihan, klik pada WordPress.


Ini akan memunculkan popup yang meminta Anda untuk menginstal plugin WordPress importir. Klik pada tombol install dan kemudian klik tautan Aktifkan Plugin & jalankan import.


Pada layar import, Anda perlu klik pada tombol Pilih file dan kemudian pilih file XML yang Anda download sebelumnya. Selanjutnya, klik pada upload file dan ekspor.


Maka WordPress akan mengimport data jenis posting kustom Anda. Semua jenis posting kustom yang Anda pilih sebelumnya akan diimpor. WordPress juga secara otomatis akan menambahkan istilah untuk taxonomy kustom.

OK, saya harap artikel ini membantu Anda impor dan ekspor jenis posting kustom dan Taxonomi di WordPress.