Header Ads

Vultr $100

Algoritma Google RankBrain: Mesin Yang Membantu Mengolah Hasil Pencarian



Algoritma pencarian Google yang merupakan hasil kerajinan tangan yang dilakukan para insinyur Google. RankBrain merupakan mesin-cerdas buatan atau juga disebut mesin-belajar dimana Google telah menggunakannya dalam proses "sepersekian yang sangat besar" dalam hasil perncarian perharinya.

Tapi hal ini tidak benar-benar secara lengkap penggantian algoritma dalam pencarian Google, namu dikenal sebagai Hummingbird. Algoritma adalah sebuah sistem yang prosesnya terjadi ketika pencarian dan menyisir melalui miliaran halaman untuk menentukan peringkat yang diyakini terbaik untuk menempati posisi pertama.

RankBrain?
RankBrain adalah nama yang diberikan Google untuk mesin pembelajaran kecerdasan buatan yang digunakan untuk membantu proses hasil pencariannya, seperti dilaporkan oleh Bloomberg.

Apa yang dimaksud dengan mesin pembelajaran?
Mesin pembelajaran adalah dimana komputer mengajarkan pada dirinya sediri bagaimana untuk melakukan sesuatu, daripada yang diajarkan oleh manusia atau pemrogramannya.

RankBrain uses artificial intelligence to embed vast amounts of written language into mathematical entities — called vectors — that the computer can understand. If RankBrain sees a word or phrase it isn’t familiar with, the machine can make a guess as to what words or phrases might have a similar meaning and filter the result accordingly, making it more effective at handling never-before-seen search queries.

RankBrain: Cara baru dalam menafsirkan pertanyaan?
RankBrain, yang kelihatannya menjadi satu bagian dari algoritma itu, menafsirkan apa yang seseorang cari dan memahami bagaimana untuk mengirimkan permintaan dalam berbagai cara.

Misalnya, seseorang mungkin mencari "Barack" Di masa lalu, Google dan mesin pencari lainnya mungkin menemukan halaman dengan hanya kata yang tepat. Tetapi selama beberapa tahun dan terutama karena Hummingbird diluncurkan pada 2013, mendapatkan lebih ke pemahaman hubungan antara kata-kata. Pencarian untuk "Barack" mungkin membawa kembali halaman dan informasi yang juga cocok dengan "Presiden AS," "Barack Obama," atau bahkan "Suami Michelle".


Jadi Apakah RankBrain adalah cara baru Google memberi peringkat hasil dari sebuah pencarian?
Tidak. RankBrain mungkin bukan merupakan sinyal peringkat, tapi lebih ke proses query. RankBrain adalah bagian dari keseluruhan "algoritma Google," sebuah program komputer yang digunakan untuk menyortir melalui miliaran halaman dan menemukannya yang dianggap paling relevan untuk query tertentu.

Ingat, bahwa algoritma pencarian Google adalah Hummingbird! Selama bertahun-tahun, algoritma secara keseluruhan tidak memiliki nama resmi. Tapi pertengahan 2013, Google algoritma dirombak dan diberi nama Hummingbird.