Header Ads

Vultr $100

Bagaimana Mengetahui Model Dan Seri Motherboard Pada PC Windows Anda

Pada saat kamu perlu memperbarui driver, ingin memeriksa kompatibilitas hardware ketika ingin meng-upgrade komputer atau laptop-mu, atau kamu hanya ingin tahu jeroan komputer atau laptop yang kamu pakai cara yang lebih mudah untuk memeriksa model dan seri motherboard dengan trik sederhana ini dibandingkan membongkar-bongkar komputer/laptop dengan konsekwensi nggak yakin bisa mengembalikannya kembali terutama laptop :P

OK, saya kasih tahu cara termudah bagaimana mengetahui nomor/seri model motherboard komputer/laptop kamu tanpa bongkar-membongkar yang pasti memiliki resiko tersendiri.

Ada berbagai situasi dimana kita sangat membutuhkan untuk mengetahui nomor seri atau model motherboard komputer/laptop kita: upgrade driver Anda, membeli dan menambahkan hardware baru (kamu akan sangat memerlukan ketepatan ekspansi slot untuk RAM yang akan di-upgrade dan memori tepat DIMM upgrade memori, dll), terutama jika menyangkut upgrade total dari device kamu tersebut maka wajib dan perlu mengetahui kemampuan motherboard, kecuali memang sekalian mau upgrade motherboard.

Jika Anda menyimpan dokumen-dokumen/buku petunjuk/user guide yang disertakan bersama komputer kamu, mungkin hal ini gag dibutuhkan, kamu tinggal buka² lagi dokumen bawaan dari vendor. Tapi lebih baik memeriksa kembali untuk memastikan catatan tersebut benar. Alih-alih membuka dokumen/buku petunjuk dan mencari nomor modelnya, seringnya buku petunjuk alias user guide udah hilang entah kemana :) so sebagai gantinya sangat mudah menggunakan fitur² dalam Windows untuk melakukan hal ini.

Menggunakan CMD.exe
Kamu dapat dengan mudah memeriksa berbagai statistik motherboard dan perangkat keras dengan Windows Management Instrumentation (WMIC).

Dengan WMIC kita dapat masuk baseboard query untuk memeriksa statistik motherboard dan kemudian mendapatkan tambahan spesifik permintaan pengubah seperti produsen, model, nama, Part Number, slot layout, serial number, power untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang motherboard. OK, kita periksa produsen motherboard kita, nomor model dan nomor seri yang menggunakan WMIC.

Buka command prompt pada Windows (WIN + R) atau melalui pencarian di start menu; Masuk cmd.exe, tidak perlu dijalankan sebagai administrator. Masukkan teks berikut pada baris perintah:

wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber

Maka akan tampil data sebagai berikut: