Header Ads

Vultr $100

Google update Penguin 4.0, Bekerja Secara Real Time


Google talah merilis update algoritma untuk Penguin 4.0, yang diklaim sebagai update yang terakhir, algoritma bersifat real-time diklaim menjadi mesin yang terbaik untuk saat ini.

Setelah hampir dua tahun dalam penantian, algoritma Penguin Google akhirnya diperbarui. Google Penguin 4.0 adalah rilis utama yang keempat. Dimana diklaim sebagai rilis terakhir dari versi Google Penguin. Seperti dilansir dari penjelasan Google, Penguin 4.0 berupa algoritma real-time yang diproses dalam algoritma pencarian inti.

Google Penguin adalah filter yang dirancang untuk menyaring website-website yang dianggap sebagai spam pada hasil pencarian Google dimana sistem spamming secara reguler mungkin tidak terdeteksi.

Google Penguin diperkenalkan pada tahun 2012 dan telah beroperasi secara periodik.

Dengan kata lain, algoritma filter pada Google Penguin akan berjalan dan menyaring website-website yang dianggap spammy. Website-website tersebut akan tetap dikenakan penalty bahkan sampai waktu tertentu berikutnya bahkan bisa berbulan-bulan.

Update terakhir Penguin adalah Penguin 3.0, terjadi pada 17 Oktober 2014. Website-website yang terkena pinalty menunggu hampir dua tahun untuk kesempatan lepas dari penalty Penguin.

Dengan rilis terbaru, Penguin menjadi real-time. Seperti recrawls dan reindexes pada halaman Google — yang terjadi terus-menerus — halaman tersebut akan dinilai oleh Penguin filter. Halaman akan tertangkap dan atau dibebaskan oleh Penguin sebagai bagian dari proses ini.

Google Penguin 4.0 juga menjadi lebih khusus pada sebuah halaman tertentu, tidak hanya menyeluruh pada sebuah website saja.

Versi sebelumnya, Penguin adalah penalty secara menyeluruh pada sebuah website. Jadi, apakah yang "lebih rinci" tersebut merupakan halaman-spesifik? Ya dan tidak, tampaknya.

Google tidak akan mengkonfirmasi depersonalisasi
Google juga mengatakan dengan update Google Penguin ke 4.0 ini, tidak lagi akan mengkonfirmasi pembaruan Penguin selanjutnya. Hal tersebut sangat masuk akal. Karena itu merupakan sebuah proses yang konstan, tidak ada wantuk untuk mengkonfirmasi.

Google tidak memberitahu berapa lama mungkin diperlukan untuk mengupdate SERP website Anda, tapi saya sendiri menduga bahwa ini akan menjadi peroses yang lama, cuman masalahnya adalah jika Google secara teratur mengunjungi kembali halaman Anda, maka Anda mungkin melihat perubahan yang cepat. Tetapi jika Google datang ke situs Anda lebih jarang, jelas akan memakan waktu lebih lama.