Header Ads

Vultr $100

MEMBLOKIR IKLAN TELKOM, INDOSAT, TELKOMSEL DAN XL DARI SISI SERVER

Telkom, Indosat, Telkomsel dan XL merupakan penyedia jasa layanan internet dan telpon yang paling banyak digunakan di Indonesia. Beberapa diantaranya memiliki layanan internet yang bisa dibilang murah sampai yang paling mahal.

Sayangnya, Telkom, Indosat, Telkomsel dan XL melakukan hal-hal yang sangat tidak terpuji dan sangat merugikan pelanggan (pengguna) sewaktu pengguna layanan hendak mengakses sebuah situs (website). Hal ini juga sangat merugikan di sisi pemilik website/blog karena tiba-tiba saat mengakses website/blog mereka sendiri muncul iklan-iklan yang memang tidak dengan secara sengaja kita pemilik website/blog memasang iklan tersebut. Hal seperti ini bisa di bilang sebagai pencurian traffic atau traffic jacking.

Komplain ke penyedia jasa layanan internet?! Percuma, bukan sekarang aja tapi udah banyak yang komplain bahkan mengajukan petisi di change.org, hasilnya?! ZONK! Malah sebaliknya, para penyedia layanan internet merasa ads injection adalah hak mutlak mereka karena kita sebagai user menggunakan layanan mereka sekalipun berbayar dan bukan gratisan. Ya, inilah wajah internet Indonesia.

Bagi Pengguna Internet
Beban iklan yang di reload juga lumayan, rata-rata diatas 100KB, siapa yang membayar atas beban sebesar itu dari sisi device pengguna?! tentunya kita sebagai pengguna layanan tersebut.


Pada saat script ini dimuat ke browser anda ketika anda membuka sebuah alamat website maka script akan melakukan 'pemanggilan' ke server iklan Telkom di u-ad.info (Telkom memiliki beberapa domain yang digunakan sebagai DNS server iklan termasuk u-ad.info dan uzone.id) untuk request dan mendapatkan iklan untuk ditampilkan. Ketika mendapat satu iklan yang tampil maka beban internet akan lebih banyak dari aset website yang sesungguhnya ditambah dengan yang diperlukan untuk menampilkan iklan kepada anda.


Pemilik Situs Web/Blog
Jika sampeyan memiliki website/blog dan monetizing dari iklan Google AdSense, Media.net dll, yakin, hal ini sangat menyakitkan bagi publisher, kenapa?!

Jika sampeyan menggunakan Google SDK IMA, maka jangan heran ketika sampeyan cek dan menemukan iklan-iklan yang tadinya muncul di web/blog tiba-tiba hilang dari halaman sampeyan. Script Telkom injection ini dapat mematahkan IMA (Interactive Media Ads) yang akhirnya iklan yang sesungguhnya yang seharusnya tampil di web/blog sampeyan jadi nggak muncul.

Berikut ini adalah contoh yang baru saja saya lihat di salah satu website.



Okay, untuk mengurangi kerugian kita sebagai pemilik website/blog, kita bisa menambahkan fitur untuk memblokir iklan-iklan suntikan yang dilakukan provider-provider internet salah satunya adalah dengan menambahkan/menginstall SSL untuk domain kita.

Script ini merupakan buah karya temen, Murdani Eko, yang sebelum saya sharing disini udah saya mintakan ijin untuk men-sharing-nya.

Sebenernya cukup simple, dengan menambahkan elemen <!-- </body></html> --> pada bagian akhir HTML, maka hasil injeksi Telkom, Indosat, Telkomsel dan XL akan dianggap sebagai HTML comment, dan tidak akan dieksekusi oleh browser.

Pada WordPress tinggal kita tambahkan script di bawah ini pada file functions.php theme.

add_action('wp_footer', 'wpantitelkomads_footer', 99999);
function wpantitelkomads_footer() {
echo '<!-- </body></html> -->';
}

Juga tersedia versi WordPress plugins-nya jika sampeyan tidak mau repot-repot, bisa di download di sini.