Header Ads

Vultr $100

Konfigurasi Google AMP Pada Wordpress

AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah Frameworks open-source yang memungkinkan browser dan aplikasi untuk memuat situs sampeyan dengan cepat pada perangkat mobile.

Pada website/blog berbasis WordPress, AMP telah aktif secara default. Sementara keuntungan utama pada Google AMP adalah mempercepat loading pada mobile, situs sampeyan akan muncul pada hasil pencarian di Google yang ditandai oleh badge AMP pada ponsel berbasis pencarian. FYI; Intinya Google akan lebih memprioritaskan halaman search result yang valid AMP (saja).

Website Pribadi/Situs Tersembunyi
Google AMP ini hanya tersedia untuk situs yang bersifat publik yang tidak memblokir crawler.


Customization AMP
Disini saya akan bahas bagaimana membuat website/blog kita valid AMP (Accelerated Mobile Pages) tanpa perlu mengubah tampilan web (theme) yang sudah ada.

  1. Plugin Accelerate Mobile Pages
    Download di AMP for WP - Accelerated Mobile Pages By Ahmed Kaludi, Mohammed Kaludi.
  2. Plugin Accelerate Mobile Pages by Automattic
  3. Sedikit berbeda dengan plugin diatas, plugin Accelerate Mobile Pages by Automattic ini merupakan fitur bawaan WordPress.com, jadi jika sampeyan memiliki blog di WordPress.com maka fitur ini sudah tersedia, tapi tidak tersedia pada WordPress seft-hosted. Download Accelerate Mobile Pages by Automattic. Untuk plugins yang ini tidak membutuhkan customization hanya perlu diaktifkan saja.

Setelah kedua plugins tersebut diatas sudah diinstall. Silahkan sampeyan atur di submenu AMP terutama plugins AMP for WP - Accelerated Mobile Pages By Ahmed Kaludi, Mohammed Kaludi.


Setelah selesai setting, sampeyan bisa melakukan test pada Google AMP Test di https://search.google.com/search-console/amp

Untuk melakukan cek pada bagian permalink harus ada text AMP, contoh:
www.domain.com/?amp => permalink,

*Noted:
*Untuk website/blog yang di-monetize (CPA, CPC, CPM) cek kembali dan biasanya akan membutuhkan coding² tambahan, karena yg harus di ingat bahwa AMP ini adalah sebuah frameworks diluar theme Wordpress yang sampeyan pakai.
**Jangan kaget jika mengaktifkan fitur AMP maka stats traffic (Histats.com, Statcounter.com, Google Analytics dll) sampeyan tiba² drop bahkan hilang, karena AMP berada diluar theme, yang artinya sampeyan perlu men-setup ulang script counter.
***Tidak recommended bagi website berbasis toko online yang menggunakan fitur e-commerce (Woo-commerce dsb), Linebot, WAbot dan sejenisnya, karena akan menghilangkan fitur-fitur seperti button dan checkout. Website toko online dengan CMS Wordpress akan lebih baik menggunakan bootstrap mobile-friendly theme, Android application ataupun iOS.