Header Ads

Vultr $100

10 JENIS PRODUK YANG DILARANG DIIKLANKAN DI FACEBOOK

Jika Sampeyan menjalankan bisnis online ataupun ecommerce, kita tidak bisa mengesampingkan betapa pentingnya traffic alias lalu lintas pengunjung ke landing page buat jualan. Entah itu berupa toko stagging web, blog, Facebook fans page, Instagram atau toko kita yang nunut di marketplace.
Lagipula, semua orang yang mengunjungi toko Sampeyan merupakan pelanggan potensial, fulus berarti kan. Jadi disini, jika Sampeyan dapat membawa traffic yang mantap dengan calon pembeli-pembeli yang sangat berpotensial ini ke toko Sampeyan (kita sebut dengan leads) maka hal tersebut hanya masalah menunggu waktu sampai pada Sampeyan mulai membuat penjualan atau sales.

Tapi, sialnya, tidak ada jaminan bahwa Sampeyan akan menghasilkan traffic yang berpotensial tinggi ke toko Sampeyan.

Tidak masalah jika Sampeyan menghabiskan berjam – jam merancang setiap detail dari toko Sampeyan, atau jika Anda telah dengan hati-hati menata daftar produk yang menarik, mengkomparasikan antar produk dan lain-lain, Sumpah, hal ini sangat bagus di management product tetapi menjadi sangat percuma ketika nggak ada pengunjung kan.

Sampeyan juga harus memikirkan bagaimana cara mendatangkan traffic/pengunjung ke tokomu. Dan keberhasilan campaign marketing Sampeyan sangat menentukan keberhasilan toko.

Sekarang Sampeyan pasti bertanya-tanya, apa sih cara yang paling efektif untuk memasarkan produk-produk saya?

Salah satunya pilihan untuk menggunakan iklan, bisa Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan masih banyak lagi sebagai salah satu target perencanaan pemasaran utama mereka.

Kenapa? Ambil contoh aja sumber traffic dari Facebook, dimana ada lebih dari 2,7 miliar setiap bulannya pengguna aktif di Facebook, dan Sampeyan dapat memanfaatkan pembeli potensial dengan campaign marketing iklan Sampeyan. Menggabungkan audiences (pengguna) ini dengan pilihan target yang luar biasa, dan berbagai objek iklan, dan itu menjadi jelas mengapa iklan Facebook begitu kuat untuk ecommerce.

Tapi taukah bahwa tidak semua produk dengan mudah diiklankan menggunakan Facebook. Ada banyak produk yang nggak bisa Sampeyan iklankan di Facebook, dan hal ini sangat penting bagi Sampeyan untuk menyadari dalam memilih produk yang bakal kita jual nanti dengan menggunakan layanan iklan Facebook sebelum Sampeyan membangun toko.

Disini saya coba untuk membuat daftar produk-produk yang secara ketat dilarang dijual menggunakan platform iklan Facebook.

Iklan Facebook dapat memainkan peran besar dalam kesuksesan Anda sebagai dropshipper. Tapi, setiap iklan Facebook ditinjau dan disetujui sebelum ditayangkan. Jadi, sangat penting untuk mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa kita promosikan di Facebook.

Mari kita mulai dengan salah satu yang lebih jelas.
  1. Produk Dewasa, dalam hal ini termasuk segala ketelanjangan atau penggambarannya, dan segala hal yang berbau pornografi alias saru.
    Tapi pada dasarnya Sampeyan DAPAT mempromosikan produk dewasa jika difokuskan pada keluarga berencana atau kontrasepsi. Namun, jelas, iklan ini harus fokus pada fitur inti produk, bukan pada kesenangan seksual, atau peningkatan seksual, obat kuat dll. Selain itu, iklan ini hanya boleh menargetkan pengguna Facebook yang berusia 18 atau lebih.
  2. Obat-obatan dan produk terkait obat (produk turunannya) sangat melanggar pedoman komunitas Facebook untuk mempromosikan obat-obatan terlarang, resep obat pada iklan Sampeyan. Selain itu, Sampeyan juga tidak dapat menggunakan gambar aksesori yang berhubungan dengan rokok, ganja atau produk medis atau gambar apa pun yang dapat menyiratkan penggunaan obat rekreasional dalam iklan. Jadi jangan gunakan bong sebagai penyangga untuk menghidupkan iklan Sampeyan yah.
  3. Produk Suplemen. Tidak dipungkiri, produk suplemen menghasilkan miliaran dollar setiap tahunnya di Amerika sendiri. Tapi kudu dimengerti, produk ini hadir dengan banyak aturan dan regulasi bahkan di Amerika sendiri. Dalam hal ini Facebook tentunya dengan sangat jelas akan mengikuti aturan dan regulasi dari negaranya dong. Terlebih lagi, jika Sampeyan berencana untuk dropship secara internasional, masing-masing negara tentunya memiliki undang-undang dan regulasi sendiri untuk produk dan suplemen kesehatan.
  4. Produk-produk yang memiliki hak cipta atau merek dagang. Iklan sampeyan akan otomatis freeze atau bahkan mengalami AME (Account Manager Error). Facebook memiliki database guna mensinkronkran produk-produk yang memiliki restricted copyrights infringements. Biasanya produk-produk seperti ini mereka nggak mau dibaantu untuk penjualannya walopun dengan cara dropship atau apapun istilahnya KECUALI kita memang memiliki hak dan perjanjian kerjasama sebelumnya, dan hal ini pasti akan diminta oleh facebook ketika facebook melakukan screening sebelum iklan kita bisa jalan, atau malah iklan yang udah jalan tiba-tiba mandeg karena Facebook me-request perjanjian kerjasama ini.
  5. Produk Palsu. Ngomong-omong jelas ini udah ilegal - dan tidak hanya di Facebook aja yah, hampir seluruh Ads network sangat aware untuk larangan yang satu ini. Daripada Sampeyan repot mendapatkan banyak kesulitan menjualnya, juga berpotensi dilaporkan ke Polisi oleh pembelinya, jadi mending hinarin aja deh.
    Masih banyak kok produk dropshipping yang unik dan legal yang dapat Sampeyan gunakan untuk membangun bisnis
  6. Produk Kontroversial. Setiap iklan yang terkait dengan isu sensitif atau subjek yang kontroversial akan secara otomatis ditolak dari platform iklan Facebook. Hal ini dapat mencakup produk yang berkaitan dengan subjek sensitif, citra, atau simbolisme kontroversial akan secara otomatis ditolak dari platform iklan Facebook.
  7. Senjata, Amunisi, atau Bahan Peledak Anda tidak dapat mengiklankan senjata atau bahkan bom. Larangan senjata ini berlaku untuk semua jenis senjata, termasuk semprotan merica, pisau, tasers, dan senjata airsoft seperti senjata BB dan senjata paintball. Selain Facebook, perlu diingat bahwa produk-produk ini dipengaruhi oleh berbagai undang-undang dan peraturan di berbagai negara dan negara bagian Amerika Serikat.
  8. Produk Tembakau Ini termasuk rokok, cerutu, rokok elektrik dan perlengkapan tembakau terkait lainnya.
    Sampeyan BISA menggunakan iklan Facebook untuk mempromosikan produk yang membantu orang untuk mengatasi kecanduan merokok, tetapi bukan produk yang menambah kecanduan.
  9. Sampeyan didak dapat menggunakan konten iklan 'Sebelum dan Sesudah' alias 'Before and After' saat mempromosikan produk kesehatan, Ini termasuk gambar yang berisi hasil yang tidak terduga atau tidak mungkin terjadi. Facebook menunjukkan bahwa iklan tidak boleh mengandung "sebelum menggunakan produk berikut gambar-nya" dan "setelah menggunakan produk berikut gambar-nya". Dan, sekali lagi, iklan yang mempromosikan produk kesehatan, kebugaran, atau penurunan berat badan harus ditargetkan terhadap orang berusia 18 atau lebih.
  10. Peralatan Pengawasan. Produk termasuk kamera mata-mata, pelacak ponsel, dan semua jenis pengawasan tersembunyi lainnya. Kita tahu bahwa banyak pengusaha tertarik untuk menjual produk jenis ini karena memang cukup besar pasar yang legit untuk produk seperti ini, tapi, perlu diketahui bahwa Sampeyan tidak akan dapat mempromosikannya dengan iklan Facebook.

Okay, itulah daftar 10 produk yang nggak boleh diiklankan menggunakan Network Facebook Ads. Happy selling.