Header Ads

CARA MEMATIKAN PHP ERROR PADA WORDPRESS



Peringatan dan pemberitahuan pada PHP membantu developer melakukan debug masalah dengan script dan kemampuan coding mereka. Namun terlihat sangat tidak profesional dan nggak keren banget ketika error tersebut muncul dan terlihat oleh semua pengunjung website Sampeyan, ya nggak sih? Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara mudah mematikan error PHP pada website berbasis WordPress selfhosted.

PHP error yang dapat Sampeyan lihat pada website berbasis WordPress biasanya adalah merupakan peringatan dan pemberitahuan. Hal ini tidak sama seperti halnya internal server error, syntax errors, or fatal errors yang bisa menghentikan loading website Sampeyan dan bahkan blank-page.

Pemberitahuan dan peringatan adalah jenis kesalahan yang tidak menghentikan WordPress untuk men-loading website. Lihat bagaimana WordPress sebenarnya bekerja di belakang layar untuk lebih jelasnya.


Tujuan dari error ini adalah untuk membantu developer melakukan debug masalah dengan kemampuan scripting dan coding mereka. Plugin dan theme developer memerlukan informasi ini untuk memeriksa kompatibilitas dan praktik terbaik.

Namun, jika Sampeyan bukan seorang plugin dab theme developer atau custom web developer, maka error ini harus disembunyikan. Karena jika error muncul di Front-end website, terpampang nyata dan jelas sehingga semua pengunjung website bisa melihat maka akan jelas sekali profesionalisme Sampeyan dipertaruhkan, karena jelas sangat tidak keren bukan?


Jika Sampeyan melihat error seperti di atas pada website, maka Sampeyan mungkin juga ingin memberitahu dan menunjukkan adanya kesalahan tersebut pada masing-masing theme atau plugin developer. Mereka mungkin merilis perbaikan yang akan membuat error ini hilang. Sementara itu, Sampeyan juga dapat mematikan error ini.

Mari kita lihat bagaimana dengan mudah mematikan PHP error, pemberitahuan, dan peringatan di WordPress.

Mematikan PHP error di WordPress

Untuk bagian ini, Sampeyan akan perlu mengedit file wp-config.php.

Di dalam file wp-config.php Sampeyan cari baris berikut:
define('WP_DEBUG', true);

Hal ini juga mungkin, bahwa baris ini sudah ditetapkan sebagai false. Dalam hal ini, Sampeyan akan melihat kode berikut:
define('WP_DEBUG', false);

Dalam kedua kasus, Sampeyan perlu mengganti baris ini dengan kode berikut:
ini_set('display_errors','Off');
ini_set('error_reporting', E_ALL );
define('WP_DEBUG', false);
define('WP_DEBUG_DISPLAY', false);

Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang Sampeyan lakukan barusan dan meng-upload file wp-config.php Sampeyan kembali ke server.

Sampeyan sekarang dapat mengunjungi web Sampeyan untuk mengkonfirmasi bahwa PHP error, pemberitahuan, dan peringatan telah menghilang dari halama website.

Mengaktifkan PHP error di WordPress

Jika Sampeyan sedang ngoding offline pada komputer atau server lokal atau staging area, maka Sampeyan mungkin ingin mengaktifkan pelaporan error ini. Dalam hal ini Sampeyan perlu mengedit file wp-config.php Sampeyan dan mengganti kode yang Sampeyan tambahkan sebelumnya dengan kode berikut:
define('WP_DEBUG', true);
define('WP_DEBUG_DISPLAY', true);

Script ini akan memungkinkan WordPress untuk mulai menampilkan kesalahan PHP, peringatan, dan pemberitahuan lagi.

Saya harap artikel ini membantu untuk mempelajari cara menonaktifkan php error di WordPress. Sampeyan mungkin juga ingin melihat daftar kesalahan WordPress yang paling umum dan cara memperbaikinya.