Header Ads

CARA MEMPERBAIKI ERROR PLUGGABLE.PHP WORDPRESS



File pluggable.php berisi beberapa fungsi inti WordPress yang bagi pengguna dan pengembang dapat langsung menimpanya pada script mereka sendiri. Namun, jika plugin WordPress atau custom code snippet gagal menangani salah satu fungsi ini dengan benar, maka Sampeyan akan melihat kesalahan seperti ini:
Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at /home/username/demosite/wp-content/themes/mytheme/functions.php:1035) in /home/username/demosite/wp-includes/pluggable.php on line 1179

Terkadang Sampeyan tetep akan dapat terus bekerja di website Sampeyan meskipun terdapat error, tapi juga terkadang error tersebut akan berakibat fatal dan sangat fatal dan akan membuat website Sampeyan sama sekali tidak bisa diakses. Jadi bagaimana cara mengangani error pluggable.php pada Wordpress?

Mengapa Sampeyan menemui error pluggable.php?

WordPress memungkinkan pengguna dan plugin untuk menimpa fungsi inti tertentu. Fungsi ini terletak di file pluggable.php.

Jika plugin WordPress atau custom code snippet gagal menangani salah satu fungsi ini dengan benar, maka Anda akan melihat kesalahan seperti ini:

Terkadang Sampeyan nggak ngerasain tapi mungkin error lainnya masih muncul di admin area:

Memperbaiki error file pluggable.php di WordPress.
File pluggable.php adalah file inti WordPress. Bukan ide yang baik untuk mengedit file inti WordPress sebagai pilihan pertama Sampeyan, walaupun ketika ada kesalahan yang merujuk ke file pluggable.php.

Kemungkinan besar bahwa error tersebut disebabkan dari lokasi yang berbeda.

Dalam rangka untuk memperbaiki error yang merujuk pada file pluggable.php, hanya dengan melihat lokasi rujukan pertama yang disebutkan dalam error yang muncul:
Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at /home/username/demosite/wp-content/themes/mytheme/functions.php:1035) in /home/username/demosite/wp-includes/pluggable.php on line 1179

Dalam contoh di atas, kesalahan terletak di file functions.php pada theme pada baris 1035.

Ini berarti Sampeyan perlu mengedit file functions.php pada theme dan mengubah atau menghapus kode/script yang menyebabkan error ini.

Terkadang header yang sudah terkirim kesalahan disebabkan oleh spasi tambahan setelah menutup tag php ?>, jadi Anda bisa menghapusnya, dan itu akan memperbaiki error tersebut.

Okay, mari kita lihat contoh lain:
Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at /home/username/demosite/wp-content/plugins/some-plugin-name/some-plugin.php:144) in /home/username/demosite/wp-includes/pluggable.php on line 1090

Pesan error ini menunjuk ke plugin di website WordPress Sampeyan. Nah, Sampeyan hanya dapat menonaktifkan plugin tersebut dan memberitahu developer plugin tentang error yang terjadi.

Dalam hampir semua kasus, error pada pluggable.php file tidak disebabkan oleh file itu sendiri.

Error ini biasanya disebabkan oleh snippet kode kustom yang Sampeyan tambahkan ke file functions.php, atau plugin yang di tulis dengan sangat buruk, atau bahkan pada theme yang Sampeyan gunakan.

Cukup menghapus atau mengedit kode atau menonaktifkan plugin akan membuat error akan hilang.

Masih tidak dapat mengetahui apa yang menyebabkan kesalahan ini? Silahkan komen atau kontak melalui akun sosial media saya.