Header Ads

PLUGINS DATA CHART & INFOGRAPHICS VISUALIZATION WORDPRESS TERBAIK


Sampeyan lagi pengin membangun web infografis berbasis WordPress dimana menunjukkan grafik berwarna-warni, grafik pictograms, statistik? Visualisasi Data atau Data visualization membuatnya lebih mudah bagi pembaca untuk memahami data yang sedang Sampeyan bagi.

Tergantung pada tujuan Sampeyan, ada sejumlah plugin WordPress yang dapat Sampeyan gunakan untuk membuat grafik-grafik, chart dan infografis tersebut.


Understanding Data Visualization

Visualisasi Data berarti mengubah angka-angka pada database untuk ditampilkan menjadi grafik seperti grafik, tabel, grafik interaktif, dan statistik (infographics).

Membuat representasi visual data bisa membuat lebih mudah melihat dan memahami sebuah tren dan pola tertentu yang sedang dibicarakan. Hal ini sangat membantu dalam mencari tahu data apa yang sedang berada dihadapan Sampeyan.

Misalnya, ketika Sampeyan sebagai web master melihat Google Analytics untuk melihat bagaimana performa website Sampeyan bekerja, trafficnya, device yang mengakses, dari negara mana saja dll. Sampeyan mungkin akan lebih nyaman melihat grafik-grafik ketimbang barisan angka-angka yang memusingkan.

Nah, Sampeyan dapat menggunakan visualisasi data untuk meningkatkan post content pada Website Sampeyan, agar pengunjung berinteraksi dengan website Sampeyan, atau bahkan untuk keperluan internal perusahaan membuat email seperti laporan khusus. Semua ini bisa membantumu membangun audensi websitemu.

1. Visualizer


Visualizer adalah plugin WordPress yang bisa mengakomodasi kebutuhan Sampeyan dalam visualisasi data interaktif.

Versi gratisnya memiliki fitur 9 tipe chart, termasuk grafik garis, grafik area, grafik batang, grafik kue, grafik geo, tabel grafik, grafik gelembung, dan grafik scatter.

Sampeyan dapat menambahkan grafik ini tanpa menginstal plugin tambahan juga.

Jika Sampeyan menggunakan versi pro, akan ada tambahan 6 chart lagi dan support secara langsung melalui email. Ada jaminan uang kembali 30-day money-back guarantee jika sampeyan nggak cocok menggunakannya.

Sampeyan juga dapat menggunakan Visualizer untuk membuat tabel interaktif seperti sebuah tabel harga. Tabel yang panjang dapat dengan mudah paginasi, dan pengguna dapat mencari dan mengurutkan tabel Sampeyan.

Rekomendasi digunakan untuk membuat grafik dan grafik secara gratis. Bila Sampeyan baru belajar memulai dengan visualisasi data, versi gratisnya udah sangat cukup bagus.

2. wpDataTables



wpDataTables plugin mungkin terdengar sedikit ruwet dari namanya, tapi sebenarnya mudah digunakan sebagai Excel. Ini memungkinkan Sampeyan menambahkan data dan mudah membuat grafik dan grafik yang terlihat lumayan cakep di versi desktop dan versi mobile.

Sampeyan dapat menampilkan data dengan mengupload sebuah file data atau cukup menginput ke dalamnya. Sampeyan bahkan dapat membuat sebuah tabel dimana user juga bisa mengeditnya, tentunya dengan memberikan atribut permission sendiri. Hal ini akan mengubah grafik bagi mereka secara real time.

Sampeyan dapat membuat filter untuk data Sampeyan sehingga mudah untuk menampilkan hasil yang hanya berasal dari tanggal, lokasi tertentu dan sebagainya.

Ada banyak dokumentasi yang membantumu melewati proses pembuatan table data.

Ada versi lite gratis dari plugin ini yang tersedia jika Sampeyan tidak memilih versi premiumnya.

Rekomedasi untuk digunakan bagi data yang kompleks, atau tabel dan grafik dimana Sampeyan ingin user Sampeyan dapat memberikan nilai masukan.

3. Easy Charts



Easy Charts adalah plugin gratis yang dapat Sampeyan gunakan untuk membuat berbagai grafik yang berbeda. Ini termasuk beberapa jenis grafik bar dan chart area, ditambah grafik garis, grafik kue, grafik donat, grafik geo, grafik polar, dan grafik waterfall.

Setelah Sampeyan memasukkan data, Sampeyan dapat menggunakannya untuk membuat jenis grafik apapun. Cukup mudah untuk beralih antara grafik yang berbeda dan tersedia fitur preview sebelum benar-benar di tampilkan sebagai data final.

Easy Charts Free plugin tidak menawarkan fungsionalitas canggih yang sampeyan mungkin dapatkan dengan plugin berbayar lainnya. Sebagai contoh, Sampeyan tidak dapat membuat tabel responsif data yang dapat edit oleh pengguna.

Rekomendasi untuk membuat jangkauan langsung, grafik bebas atau grafik untuk menampilkan data di website Sampeyan sih sudah cukup.