Please disable your adblock and script blockers to view this page

Header Ads

Pemahaman Dasar Tentang Pelacakan Network.http.sendRefererHeader

drop.header
no.footprints

Source:

  • http://kb.mozillazine.org/
  • http://kb.mozillazine.org/Network.http.sendRefererHeader
  • https://www.mozilla.org/en-GB/firefox/developer/

Pemahaman Dasar Network.http.sendRefererHeader

HTTP adalah application-layer protocol (protokol lapisan aplikasi) yang digunakan untuk mentransfer sebagian besar halaman web. Sebagai bagian dari HTTP, permintaan akan selalu menyertakan header "Referer" (sic) yang memberi tahu kepada server di halaman mana dan apa pengguna berada dan memulai permintaan terlepas intervensi browser mode standard ataupun mode incognito dan private.

Server menggunakan informasi ini untuk melacak path pengguna melalui situs dan mungkin juga menyediakan fitur tambahan sebagai tracking.

Selain itu, di JavaScript, perujuk halaman saat ini diekspos di DOM melalui document.referrer. Script yang bekerja di halaman tersebut dapat melihat properti ini untuk mendapatkan informasi yang sama yang dikirim di header Referer sebuah browser.

Preferensi ini mengontrol kapan harus mengirim header Referer dan mengatur document.referrer.

Possible values dan efek Network.http.sendRefererHeader

  1. Jangan pernah mengirim header Referer atau mengatur document.referrer.
  2. Mengirim header Referer saat mengklik link, dan setup document.referrer untuk halaman berikut.
  3. Mengirim header Referer saat mengklik link atau memuat gambar, dan setting document.referrer untuk halaman berikut. (Default).

Rekomendasi Settings

Pengguna browser yang peduli dengan privasi dapat mengatur ini ke 0, menyadari bahwa ini dapat mempengaruhi beberapa situs yang dikunjungi secara negatif dikarenakan pemblokiran ini. Mereka yang ingin memastikan kompatibilitas harus membiarkannya pada setting default.

x.browser.send pings

Spesifikasi Web Apps 1.0 (juga dikenal sebagai HTML5) mendefinisikan atribut baru untuk <a>elements: ping. Atribut ini berisi satu atau lebih URI untuk "ping" (mengirim permintaan POST ke) saat pengguna mengklik link. Atribut akan berguna untuk memungkinkan situs web melacak klik dari pengunjung terkait.
Karena fitur tersebut memiliki kemungkinan implikasi privasi — tidak seperti Referer header — fitur ini dapat dinonaktifkan.

Possible values dan efek Browser.send pings

  • Request permintaan POST ke URI yang terdaftar di atribut ping <a> elemen HTML. (Default di Firefox hingga 2008-02-01 nightlies)

Rekomendasi Settings Browser.send pings

Jika Sampeyan sangat respek mengenai privasi online Sampeyan dan telah menonaktifkan pengiriman perujuk (tracking) dan JavaScript, Sampeyan mungkin ingin menyetel preferensi ini ke false. Atau Sampeyan mungkin juga ingin menonaktifkannya jika memiliki koneksi jaringan dengan latensi tinggi dan ingin menghindari lalu lintas HTTP yang tidak dibutuhkan.

sendSecure
.X.
SiteReferrer

Pemahaman Dasar Network.http.sendSecureXSiteReferrer

Seperti halnya Network.http.sendRefererHeader, HTTP adalah protokol lapisan aplikasi yang digunakan untuk mentransfer sebagian besar halaman web. Sebagai bagian dari HTTP, request dapat menyertakan header "Referer" (sic) yang memberi tahu server di halaman mana pengguna berada yang memulai permintaan.

Server menggunakan informasi ini untuk melacak jalur pengguna melalui situs dan mungkin menyediakan fitur tambahan seperti tracking Google Analityc dan sebagainya terlepas bahwa user/visitor mengaktifkan mode incognito atau private browser.

HTTP menetapkan bahwa berpindah dari safe server (https) ke server tidak aman (http) tidak akan menghasilkan Referer header yang dikirim, tetapi tidak menentukan apakah Referer harus dikirim di antara dua situs aman. Preferensi ini mengontrol opsi tersebut.

Possible values dan efek Network.http.sendSecureXSiteReferrer

Secara default, Referer header dikirimkan saat dinavigasi dari website https ke website https lain. (Default).
Caveats: Jangan mengirim Referer headerv saat menavigasi dari situs https ke situs https lain.

Rekomendasi Settings

Network.http.sendRefererHeader harus setup sebagai default ke 1 atau 2 agar preferensi ini memberi berpengaruh.
Bagi mereka yang peduli dengan privasi dapat mensetup ini ke false, karena menyadari bahwa hal ini dapat berdampak buruk pada beberapa situs yang dikunjungi maka kompatibilitas harus membiarkannya di default.

Insights

Bagi developer, pemilik web, pemilik network monetize , Pelacakan Network.http.sendRefererHeader diperlukan untuk meng-collect data dari pengunjung situsnya. Dimana hal ini sangat diperlukan untuk mengetahui banyak hal antara lain history leads, history sales, leads negara terbaik dan masih banyak lagi

Bagi Publisher, hal ini bisa menjadi bencana JIKA dibiarkan, karena Network Sampeyan yang dimana sampeyan mencari duit bisa mengetahui sumber traffic induk berasal dari mana sesuai ping yang diterima (sebagai contoh) bot Mediapartners-Google Refer dari Browser.send pings, yang bahkan walaupun user/pengguna/traffic sudah menerapkan atau mengaktifkan incognito mode atau private browser.

*Sebagai catatan tambahan bahwa Browser.send pings aktif sejak user/pengguna membuka browser tanpa memandang/intervensi mode browser (standard atau incognito).


Contoh Blank Network.http.sendRefererHeader https://mobile.aming.info/?

Contoh penerapan Blank Network.http.sendRefererHeader https://mobile.aming.info/?https://www.google.com

Conclusion

Jika Sampeyan secara naked menempatkan link https://www.google.com secara telanjang pada (misalkan) situs porno atau situs judi, maka dengan mudah https://www.google.com akan mengetahui dari mana backlink traffic datang hingga mengunjungi website https://www.google.com

Masalahnya akan berbeda JIKA Sampeyan meletakkan link dengan menerapkan blank Network.http.sendRefererHeader https://mobile.aming.info/?https://www.google.com. Maka yang terjadi adalah bahwa https://www.google.com hanya tahu bahwa traffic teraffiliasi dari link https://mobile.aming.info, sedangkan sumber asli terinduk tidak terdeteksi.

  

Konseptual blanking Network.http.sendRefererHeader sangat worthy bagi user dengan konsep greyhat hingga blackhat dropping cookies. karena Network.http.sendRefererHeader akan dilakukan flushing atau pencucian header references sebelum akhirnya melanjutkan ke link utama berakhir. Artinya, digital footprints dikosongin sehingga traffic tidak memiliki rekam jejak digital dan dihitung sebagai loyal visitors atau loyal traffics. Keren bukan?!

Sampeyan² yang monetizing Affiliate, CPA, AdSense dengan konsep multi-platform, banyak blog, channels Youtube, Pinterest secara massive sebagai kolam mencari index, mencari traffic maka konsep Network.http.sendRefererHeader bekerja GUNA menghilangkan jejak digital AGAR network tidak mendapatkan data sumber utama traffic berasal dari mana. Apalagi ketika AdSense menerapkan domain addsite, maka akan kesulitan dalam mengoptimalkan earning AdSense.

Contoh menerapkan Network.http.sendRefererHeader untuk affiliate aliexpress: https://mobile.aming.info/?https://s.click.aliexpress.com/e/_97Y2cz maka kita bisa menempatkan link ini secara lebih aman pada platform dimanapun, dimana aliexpress hanya akan menerima rekam jejak dari https://mobile.aming.info yang teraffiliasi pada domain yang didaftarkan di dashboard Aliexpress. Begitu pula dengan Amazon, Agoda dan affilaite network lainnya. Konsep ini akan mereduksi deductions earning atau dalam bahasa awamnya adalah mengurangi earning yg di indikasi dari metode spam yang memiliki kemungkinan dan kesempatan tidak dibayarkan oleh networks.

Network.http.sendRefererHeader untuk affiliate juga bisa digabungkan dengan API bit.ly jika membutuhkan generate secara massal, misal seperti https://mobile.aming.info/?https://s.click.aliexpress.com/e/_97Y2cz https://bit.ly/3stKZYL yang akan memudahkan kita bekerja dalam sebuat bot.

Cek link asli cek link original https://bit.ly/3stKZYL+