Please disable your adblock and script blockers to view this page

Header Ads

MENGATASI WORDPRESS UPDATING FAILED

Mengatasi WordPress Updating Failed - Publishing Failed Error. WordPress Updating Failed - Publishing Failed Error
failed

Kadang-kadang ketika sedang mengedit sebuah post atau page, Sampeyan mungkin melihat pemutakhiran gagal atau gagal penerbitan (updating failed atau publishing failed error). Dan error ini tidak memberikan petunjuk apapun, yang membuatnya sangat sulit untuk pengguna pemula.

Baiklah, saya akan menunjukkan pada Sampeyan bagaimana memperbaiki masalah ini dan juga akan menjelaskan apa yang menyebabkan masalah ini muncul, kemudian juga cara untuk menghindari masalah ini di kemudian hari.

Penyebab updating failed atau publishing failed error pada WordPress?

Gagalnya komunikasi dengan WordPress REST API menyebabkan 'pembaharuan gagal / updating failed' atau 'Publishing gagal / publishing failed error'.

Pada dasarnya, WordPress kadang-kadang menggunakan seperangkat APIs (Application Programming Interface) yang disebut dengan 'REST API' untuk mengirim dan menerima permintaan ke basis data WordPress.org. Maka jika gagal mengirim dan menerima permintaan tersebut, maka beberapa bagian dari situs Web Sampeyan tidak dapat berfungsi. Termasuk pada WordPress block editor, yang menggunakan API untuk mengirim pembaruan dan menerbitkan permintaan ke WordPress.

Mengapa WordPress tidak dapat menggunakan REST API (API cadangan)?

Sampeyan mungkin bertanya-tanya, jika saya tidak membuat perubahan apapun pada website saya, maka mengapa REST API berhenti bekerja dengan sendirinya?

Ada sejumlah skenario yang dapat mencegah WordPress dari menggunakan REST API. Sebagai contoh, Sampeyan mungkin tidak terhubung ke internet atau tiba-tiba koneksi internet putus.

Alasan lain Sampeyan mungkin secara sengaja mengubah URL Situs, dimana ada sebuah plugin WordPress menjadi konflik dan menyebabkan masalah, atau layanan pihak ketiga pada plugins mungkin akan memblokir panggilan API.

Langkah 1. Periksa koneksi Internet dan URL situs

Penyebab paling umum updating failed atau publishing failed error WordPress adalah tiba-tiba koneksi WiFi hilang atau bahkan koneksi putus. Jika komputer Sampeyan kehilangan koneksi internet saat Anda menulis post blog, maka WordPress akan gagal menyimpan perubahan.

Pastikan Sampeyan terhubung ke internet dengan mengunjungi situs lain di tab browser.

Langkah 2. Periksa Status REST API menggunakan WordPress Site Health

WordPress memiliki built-in Site Health yang menunjukkan informasi penting tentang keamanan dan kinerja website Sampeyan.

Cukup cek pada Tools >> Site Health untuk melihat reportnya. Jika REST API tidak bekerja, maka Sampeyan akan melihatnya di bawah rekomendasi perbaikan sebagai 'The REST API encountered an unexpected result'.

Disini juga menampilkan beberapa informasi debug yang mungkin menjelaskan apa yang sebenernya terjadi ketika WordPress membuat panggilan REST API. Di sini mungkin memberikan beberapa petunjuk tentang plugin atau layanan pihak ketiga yang mungkin menyebabkan munculnya masalah.

Namun, jika tidak memberikan petunjuk apapun, maka Sampeyan dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3. Nonaktifkan Semua Plugin WordPress

Jika ternyata ada sebuah plugin WordPress menyebabkan REST API gak bekerja, maka cara termudah untuk menemukannya adalah dengan menonaktifkan semua plugin WordPress.

Sampeyan masuk pada dashboard Plugin lalu pilih semua plugin. Setelah itu, lakukan aksi massal untuk menonaktifkan semua Plugins.

Setelah itu, Sampeyan cek kembali pada post editor dan mencoba untuk memperbaruinya. Bila Updating Failed Error hilang, maka ini berarti salah satu plugins yang menyebabkan masalah.

Sampeyan sekarang dapat mengaktifkan plugin WordPress satu per satu dan mencoba untuk cek ulang apakah muncul kembali error. Hingga setelah Sampeyan menemukan plugin yang menyebabkan masalah tersebut, maka Sampeyan dapat mencari info dari developer plugin tersebut atau mencari plugin alternatif.

Di sisi lain, menonaktifkan semua plugin WordPress tidak serta-merta kita terhindari error dimasa mendatang.