Header Ads

header ads

JACK MA - ANT FINANCIAL GROUPS VS. CCP

ALIBABA

Well, gua jadi tertarik nih, walopun emang sejak awal bukan enggak mengikuti kasus ini, cuma tergelitik aja sama beberapa timeline yg .. ehem.. you know what i mean-lah 🤟🤣 better no-comment of what he's though.

Pemerintah China sedang melakukan investigasi atas 2 perusahaan Jack Ma, giant ecommerse Alibaba dan digital wallet Alipay yang merupakan payment gateway yang berinduk pada Ant Financial Group.

Kenapa di investigasi? pada dasarnya nggak terkait langsung dengan sindiran Jack Ma atas regulasi financial China Bank, tapi jauh sebelum case ini muncul, lebih ke tuduhan pemerintah China atas praktek monopoli Alibaba Group dan yang terutama Ant Financial Group dimana Alipay sendiri telah memiliki 750 juta pengguna diseluruh China. Catat, bahwa Alipay dibawah Ant Financial Group adalah perusahaan swasta, bukan milik Pemerintah China.

Come on.. if you respect in something, dont be stupid like an idiot knowing at a half.



Pada 14 September 2020, Pemerintah China mengeluarkan aturan baru bagi perusahaan² finansial yang beroperasi di China, tentunya juga menghapus beberapa aturan lama yang udah enggak kompatible, sekurang-lebihnya ada ±50 pasal yang dirombak dan 3 pasal yang dihapus secara menyeluruh. Kenapa? ya karena dari China Central Bank (BI-nya China) sendiri melihat dan tahu bahwa ada celah atas regulasi perbankan dan finansial atau aturan pada perusahaan² finansial yang beroperasi. Dimana, disini Pemerintah China sudah menyinggung Alipay dibawah bendera Ant Financial Group.

Nah, pada waktu itu Ant Financial Group sedang akan menuju ke step yang lebih tinggi, apalagi kalo bukan IPO agar bisa melantai di bursa saham. Dari sini kita taulah bakalan seperti apa atau target apa yg pengen dicapai Ant Financial Group, ya tentunya fresh money dari investor. Dan ijin IPO di bursa saham Shanghai sebenernya udah turun pada 21 Oktober 2020 dari Lembaga Pengawas Keuangan China, garis bawahi disini.

Sialnya, Jack Ma keburu nge-bacot di 24 Oktober 2020 dimana dia lagi jadi pembicara disalah satu event di Shanghai yang juga dihadiri oleh pada decision maker regulator finansial China. Dimana disini Jack Ma terang²an mengkritik sistem keuangan China yang udah absurd dan ketinggalan jaman dimana hal ini sangat menghambat inovasi dan butuh di reformasi secara menyeluruh. Bahkan aturan keuangan secara global udah terlalu usang. Mungkin sih maksud Jack Ma ini bagus yak. Iya kalo dari sisi bisnis.

Nah selanjutnya pada 31 Oktober 2020, Financial Stability and Development Committee China menyebutkan bahwa resiko perkembangan perusahaan Fintech di China sangat besar sekali (tentunya bagi pemegang regulator, catat.) walopun tanpa menyebut langsung Ant Financial Group, tapi bayangpun, 750 juta pengguna aktif berada dibawah Alipay.

Pada 2 November 2020, 4 pejabat regulator financial China bertemu dengan Jack Ma dan beberapa eksekutif dari Ant Financial Group. nah dari Ant Financial Group sendiri merekomendasikan beberapa regulasi yang lebih ketat lagi pada perusahaan peminjaman micro untuk bisa menghindari resiko gagal bayar (para penggunanya tentunya). Dan perlu digaris bawahi regulasi yang direkomendasikan Ant Financial tentunya adalah aturan yang lebih menguntungkan mereka bagi para peminjam modal yang gagal bayar, ya semacam Debt Collector versi legal-lah, jadi bisa dibayangkan akan seperti apa jika regulasi yg ditawarkan Ant misal disetujui, bisa jadi premanisme keuangan seperti perampasan motor/mobil kreditan dijalanan yang dilegalkan.

Belum selesai disitu, pada 3 November 2020 Bursa Saham Shanghai mengangguhkan IPO Ant karena permintaan regulator dimana sebenernya ijin IPO udah turun pada 21 Oktober 2020.

Nah belakangan, dari beberapa sumber yg gua dapetin, bahwa sebenernya yang mengintervensi regulator adalah dari Presiden China, Xi Jinping secara langsung untuk menunda IPO Ant Financial Group. Kalo di flashback, jelas kemungkinan besar bahwa Xi Jinping tersinggung atas pernyataan Jack Ma pada 24 Oktober 2020.

Pada 10 November, China mempubikasikan draft aturan untuk mencegah monopoli online platform, termasuk didalamnya regulasi baru bagi Fintech dan ecommerse² jelas termasuk bagi Alibaba dan Ant Group.

Pada 14 Desember 2020, pemerintah China kembali memperingatkan pada giant platform bahwa tidak akan mentolelir praktek monopoli dan akan meningkatkan pengawasannya. (*catat ya, garis bawahi). Bahwa disini juga pemerintah China udah menjatuhkan denda atas deal² financial yang melibatkan Alibaba dan Tencent (ada yg gak tau siapa Tencent?).

Sehari sebelum Natal, 24 Desember 2020, China resmi menggelar investigasi atas dugaan praktek monopoli dan pencucian uang Alibaba (dan Alipay sebagai platform turunan) serta Tencent.

Dimana, regulator ini juga menilai bahwa Ant Group tidak memiliki mekanisme bisnis yang "baik" bahkan menentang persyaratan regulator. Dimana baru diketahui bahwa Ant Financial Group TIDAK memiliki lisensi penuh untuk bisa menjalankan kredit pribadinya dan tidak transparant atas transaksi pembayaran pihak ketiga.

Nah, disini nih baru pada nyadar, 26 Desember 2020 Jack Ma udah gak kelihatan lagi di publik, bahkan Twitternya yg suka share² pun menjadi idle.

Pada 28 Desember 2020, Pemerintah China mengeluarkan warning untuk Jack Ma agar gak meninggalkan China.

Nah, gara² investigasi ini, saham Alibaba turun -9.86% hanya dalam waktu sebulan. Karena jelas, para investor pasti ngilu dong dengan kontroversi pernyataan Jack Ma yg terang²an menantang regulasi.

Bahkan gak hanya berimbas ke Alibaba aja, Tencent yg bertransaksi dengan Alibaba pun kena efeknya dimana Tencents Holding Industry kehilangan modal hingga -15%.

Sebagai komparasi aja, pengguna internet di China mencapai 940 juta yang jumlah penduduk China sendiri ada 1,393 miliar artinya 58%anlah udah onlinelah, karena emang ada semacam kebijakan China utk regulasi komunikasi berbasis data yang memang diperuntukan bagi public area.

JIKA, user aktif Alipay bisa mencapai 750 juta dari 940 juta pengguna internet di China yg berarti juga digital wallet ini udah digunakan sampe di level bawah. Yang artinya bisa dikatakan hampir semua transaksi melalui platform Alipay.

How fuck this shame method?!

Jack Ma itu bukan mengkritik atau mengkritisi. Lebih tepatnya nyinyir alias menyindir atas kebijakan regulasi financial China dimana dihadapan dia waktu pidato, hadir juga para pembuat keputusan/decision maker DAN Wakil Presiden China, dan menjadi bahan olok²an serta tertawaan seluruh peserta yang hadir.

Ma menantang dengan mengatakan bahwa gak ada resiko dalam sistem keuangan China karena negara ini gak memiliki sistem keuangan yang sehat yang sama dengan bagaimana pegadaian sebenernya berfungsi.

Hail who you live in Indonesia, dimana Presidennya dicaci-maki seenak udel bodongnya sementara disatu sisi elu menuntut BLT tertransfer di rekening BRImu.

Ma dengan Alipay dibawah Ant Financial Group dengan 750 juta pengguna dimana pemerintah China tidak memiliki kendali dan tidak ada kendali atas itu artinya Ma sebenernya udah mengancam pemerintah secara langsung, disini adalah Partai Komunis China/China Comunist Party (CCP) yang diketuai oleh Xi Jinping, Presiden China.

Bisa dibayangkan 750 juta pengguna itu gak didapatkan Alipay hanya dalam waktu semalam, tentunya juga dengan berbagai macam cara tehnik marketing, membakar duit investor.

Ada yg hobby jajan di Shopee, Tokopedia, Lazada dkk dengan mencari free ongkir? atau ngantri rebutan 1212 kemarin? atau suka pointing bonusan Go-Food, GrabFood? itu duit investor yg di burning buat naikin campaign. Gimanapun pertumbuhan business Jack Ma akan tetep dibatasin pemerintah setempat. Sebelum case ini mencuat, Alipay menawarkan kredit keuangan dengan pengembalian yang sangat rendah dari pada bank komersial yang lebih besar milik pemerintah. Komparasikanlah dengan 750 juta user Alipay yang bahkan usernya berada diluar Mainland China.

Keuangan adalah sektor yang diatur paling ketat regulasinya di China, Rezim Komunis memantau dengan sangat ketat setiap langkah yg dilakukan perusahaan swasta, seperti yg gua mention sebelumnya, 750 juta user itu gak didapatkan Alipay hanya dalam semalam, artinya, sebenernya Alipay udah diawasin sejak lama. Dimana ketika perusahaan keuangan swasta mulai sukses, maka akan ditekan sedemikian rupa karena sudah mengganggu stabilitas nasional.

Meanwhile, CCP sedang menunjukkan siapa bosnya. Semua perusahaan swasta gak peduli seberapa besar dan sukses serta pajak yang dibayarkan tetaplah harus ingat siapa bosnya. https://www.facebook.com/onobiw/posts/3710033399049200
JACK MA - ANT FINANCIAL GROUPS VS. CCP