Header Ads

header ads

TABLE PERBANDINGAN WHATSAPP VS SIGNAL VS TELEGRAM

Saya nggak menyatakan yang satu lebih baik daripada yang lain, tetapi fair aja, saya pikir akan lebih baik untuk melakukan review fitur-fitur di masing-masing chat tools. Akhirnya, saya pun bikin tabel perbandingan Telegram, WhatsApp dan Signal di bawah ini.

Mari kita lihat semua fitur yang saya coba review, antara Whatsapp, Signal dan Telegram. Jika Sampeyan murni melihat dari perspektif fitur, maka Telegram ehem... pemenangnya :D .

Jika Sampeyan seorang developer apps dan tertarik dari sisi perspektif coding maka Telegram adalah fitur yang cukup mumpuni selain memiliki akses opensource API (Application Programming Interface).

Jika Sampeyan respect tentang privasi 😊 maka yang terbaik adalah Signal dan Telegram menurut saya. Signal tidak menyimpan data Sampeyan, dan Signal mendapat nilai tertinggi di sana. Sementara fitur Telegram, dikombinasikan dengan data Sampeyan maka hanya menyimpan Info Kontak, Kontak, dan ID Pengguna Sampeyan (jika Sampeyan membuatnya).

Saya pribadi menggunakan Telegram untuk memanagement dan mengelola 1 group komunitas terbuka dengan 300an lebih member dimana saya sebagai owner sekaligus administrator, silahkan gabung jika Sampeyan berminat, Free Online Business With Me, 4 Kelas Online dimana saya sebagai owner sekaligus administrator, 2 group pribadi untuk mengelola team kerja serta beberapa Channel bisnis.

Untuk urusan business-to-business .. hmm.. yup ada beberapa Telegram Group dan Telegram Channel yang kami miliki untuk membesarkan bisnis kami, dimana satu group member terbesar kami memiliki ±50,000 member. Dan sejauh ini belum pernah ada masalah.

CHAT.ME

Feature WhatsApp Signal Telegram
Group members amounts2561,000200,000
Group smart notifications
Pinned messages to top of group chat/Sematkan pesan ke bagian atas obrolan grup
Multi akun dalam satu app
Pinned chats
Mute all groups by default
Desktop Microsoft Windows
Desktop Mac
Desktop Linux
*hover to read
Android app
iPhone app
iPad app
Web app/web version
Online status
Last seen time
Kemampuan untuk menyembunyikan nomor telepon dari kontak pesan
Disable read notifications
Struktur folder khusus untuk obrolan
Channels for message broadcasts to subscribers
Creating a username to share with others instead of your phone number
Secret chats
Self destructing messages
Stiker animasi di native app
Polling dalam obrolan grup
Menambahkan obrolan ke layar beranda perangkat/Add chat to home screen
Mengedit pesan setelah dikirim
Menghapus pesan dari anggota grup sebagai administrator
API Development
*hover to read
Opensource API
Custom BOTS